Mengelola Emosi Orang Tua Saat Anak Tantrum

Membicarakan tantrum akan lebih komprehensif saat kita melihat dari dua sisi. Sisi anak dan sisi orangtua.

Dari sisi anak, kita harus pahami apa sih kebutuhan anak ini yang belum kita penuhi sehingga membuat ia meluapkan emosinya. Perlu digaris bawahi juga, bahwa memenuhi kebutuhan anak bukan berarti selalu memanjakan, apa yang ia minta selalu kita beri. Tidak juga. Perlu kita tarik ulur, membahayakan ga ya, apakah bermanfaat atau justru merugikan.

Dari sisi orang tua, kita harus benar-benar siap menjadi orang tua. Kalau belum siap? Ya wajib harus selalu meng-upgrade diri. Salah satu yang perlu orang tua upgrade adalah “BELAJAR” sabar yang banyak.

belajar sabar menjadi orang tua
www.fairuz.id

Butuh usaha keras dan latihan panjang untuk bisa menjadi orang tua yang bijak dalam mengelola emosi. Minimal diawal orang tua harus memiliki kesadaran penuh tentang hal ini sambil bertekad untuk mengubah pola didik kita.

Orangtua yang lebih dewasa dari anak sebaiknya TIDAK IKUTAN TANTRUM juga saat ANAK TANTRUM. Tetap berusaha meredam emosi dan amarah meski kita sendiri juga sedang capek saat mengasuh anak.

to be continued…

Materi “Tantrum pada Anak, Apa Solusinya?”
Oleh Alvika Hening Perwita, M.I.Kom ~ pegiat parenting, pernah menjadi Kontributor Buku Homemade Healthy Baby Food (buku recommended tentang MPASI), sekaligus Owner dan Konsultan kidsbook edutoys di Instagram @fairuzedustore
Disampaikan pada #bcaug17xfairuzbookstore

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *