Ciptakan Bonding dengan Anak untuk Mengatasi Tantrum

Sejak awal dianugerahi baby, kita berperan sebagai LONG LIFE LEARNER PARENTS. Jadi orang tua pembelajar seumur hidup.
.
Tantrum pada anak, APA SOLUSINYA? Saya BOLD ya Mom, disini kita fokus SOLUSI. Tantrum ini beda usia tentu beda solusi. Beda ya cara kita bicara dengan bayi dan saat kita bicara dengan anak usia 3 tahun. Semakin banyak bicara dengan anak, BONDING/IKATAN yang kita ciptakan ke anak pastinya makin kuat. Maka ketika bonding kita dengan anak kuat, tantrum bisa lebih mudah kita taklukkan.

ciptakan bonding atau ikatan yang kuat antara orang tua dan anak
www.fairuz.id

Bagaimana sih cara menciptakan bonding yang kuat itu?

Sedari bayi biasakan ngobrol dengan anak. Bahkan disarankan sejak dalam kandungan. Memang terkesan seperti aneh ya bicara sendiri, tapi percaya Mom ini manfaatnya besar banget. Kalo anak tantrum yang sedang tidak terkendali itu, ga pernah kita ajak bicara, ga mungkin akan selesai problem tantrumnya. Maka KUNCI KENDALI ada di kita orangtuanya.

Anak masih bayi sering nangis, bayi belum bisa mengungkapkan apa keinginannya. Dan kita ga tau pula apa maunya. Kalau sudah begini ya ajak lah bercerita. “Adek kenapa sayang nangis terus? Haus ya, laper ya, popoknya ga nyaman ya?” Tanyain aja terus sampai kita capek sendiri, hehehe. Jangan lupa sambil digendong, dipeluk Mom. Ada yg bilang banyak digendong nanti bau tangan. Ah mitos itu. Justru sering digendong bonding kita ke anak makin kuat.

to be continued…

Materi “Tantrum pada Anak, Apa Solusinya?”
Oleh Alvika Hening Perwita, M.I.Kom ~ pegiat parenting, pernah menjadi Kontributor Buku Homemade Healthy Baby Food (buku recommended tentang MPASI), sekaligus Owner dan Konsultan kidsbook edutoys di Instagram @fairuzedustore
Disampaikan pada #bcaug17xfairuzbookstore

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *