Mengapa Terjadi Tantrum Pada Anak?

Hi para Mommy Milenial… Sering kan mendengar tentang “Tantrum Pada Anak”. Tantrum ini ledakan emosi, biasanya terjadi pada anak dan biasanya ditandai dengan sikap keras kepala, menangis, menjerit, berteriak, mengomel dan berbagai cara anak untuk memberontak melakukan perlawanan.

Bahkan, ada anak yang merasa kesal pada sekitar, atau tidak mendapat hal yang diinginkannya lalu melakukan hal-hal agresif seperti berteriak, melempar, merusak barang, berguling, dan memukul. Inilah yang disebut tantrum.

Mengapa terjadi tantrum pada anak?
Gambar oleh Mandira Dian Semesta dari produk papan permainan edukasi SabaQu
Diedit oleh www.fairuz.id

Tentu tantrum ini mengganggu bila terjadi di tempat umum, apalagi bila anak sampai menangis, menjerit, dan melempar barang… Nah, kita cari yuk Mom, apa sih penyebabnya?

👶

Aku Frustrasi – ini karena si kecil belum bisa melakukan sesuatu, lalu muncul rasa frustrasi yang dikeluarkan dengan emosi yang berlebih…

👶

Aku Mau Barang Itu – si kecil pasti sudah punya keinginan untuk memiliki mainan yg ia sukai…

👶

Aku Tidak Mau Melakukan Itu – si kecil sudah tahu apa yg dia mau dan tidak mau, suka dan tidak suka…

👶

Perhatikan Aku – adalah bentuk “protes” anak kepada orangtua, sebenarnya emosi tersebut hanya karena anak ingin diperhatikan oleh orangtuanya…

Anak memang sedang mencoba belajar mengenali dan mengendalikan emosinya. Kadang berhasil kadang juga tidak. Alhasil, tak jarang mereka lepas kendali tak kenal tempat dan tak kenal waktu. Kalau sudah tau penyebabnya, lalu harus bagaimana ya kita sebagai orang tua menyikapi hal tersebut?

Simak pemaparan resume kuliah online parenting ini di postingan-postingan kategori “Parenting bersama Fairuz” selanjutnya.

*Materi “Tantrum Pada Anak, Apa Solusinya?” pernah disampaikan oleh Alvika Hening Perwita, M.I.Kom di acara komunitas parenting online pada Bulan November 2018.

*Alvika Hening Perwita, M.I.Kom adalah seorang family education enthusiast dan pemilik online edu store di Instagram @fairuzedustore.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *