Mengurus Certificate of Eligibility (CoE) Japan

Hallo. Ini pengalaman saya sebagai dependent di Jepang, istri seorang dosen yang sedang studi lanjut. Bagaimana bisa saya dan anak-anak ikut tinggal di Jepang bersama suami? Semua berawal dari mengurus CoE atau semacam surat ijin tinggal. Orang yang akan tinggal di Jepang dalam kurun waktu lama (lebih dari 90 hari) harus menyiapkan CoE ini sebelum nanti akhirnya mendapatkan resident card atau semacam KTP Jepang.

Kurang lebih satu bulan setelah suami “settle” di Jepang, CoE ini mulai diurus di kantor imigrasi terdekat dengan tempat tinggal suami. Tentu mengurus hal demikian memerlukan dokumen yang perlu disiapkan. Apa saja itu? Pasport, Buku Nikah, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran anak-anak, Ijazah, Transkip Nilai, Sumber Penghasilan. Intinya adalah dokumen-dokumen yang menunjukkan bahwa kita adalah orang yang bisa dipercaya dan layak tinggal di Jepang. Untuk ijazah dan transkip nilai itu saya sendiri yang usul ke suami supaya disertakan. Semua dokumen harus sudah ditranslate dalam bahasa Jepang.

Tidak lama untuk menunggu CoE ini jadi. Sekitar satu bulan CoE ready dikirim ke alamat suami di Jepang. Seperti apa sekilas penampakan CoE itu?

certificate of eligibility
www.fairuz.id

Nah, CoE yang sudah ready, bisa dipergunakan untuk mengurus VISA di kedutaan Jepang di Jakarta. Setelah VISA sudah di tangan, maka akan diganti dengan resident card saat kita sudah tiba di imigrasi bandara Jepang. Mendapat resident card ini artinya kita mempunyai hak dan kewajiban yang sama dengan warga Jepang. Ada kelebihan juga saat kita sudah memegang CoE ini, mengurus VISA dan proses checking di imigrasi bandara Jepang menjadi lebih mudah dan cepat karena kita sudah “dipercaya”.

Bagaimana, mudah kan mengurus CoE ini? Tidak ada yang perlu ditakutkan dan dikhawatirkan. Semua hanya perlu dijalani dengan sabar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *